Kamis, 22 Desember 2016

RPS



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Identitas Mata Kuliah:
Program Studi             : DIII KEBIDANAN
Mata Kuliah                : Pelayanan Keluarga Berencana
Kode Mata Kuliah      : BD. 308
Semester                      : II
SKS                             : 3 SKS (T: 2 P: 1)
Dosen  Pengampu       : Dian Rohmatika, S.Tr. Keb

Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memahami kesehatan reproduksi, dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikologis, dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita, dan mampu melaksanakan  pelayanan keluarga berencana.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Mahasiswa mampu untuk memberikan asuhan pelayanan KB pada wanita (PUS) untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Yang didasari dengan metode kontrasepsi sederhana tanpa alat dan kontrasepsi dengan alat.

Minggu ke -
Kemampuan Akhir yang diharapkan
Bahan Kajian (Materi Pelajaran)
Bentuk Pembelajaran
Waktu Belajar (menit)
Evaluasi
Kriteria Penilaian (Indikator)
Bobot
Nilai
TMu
TT
TMa
1
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis konsep kependudukan di Indonesia
Konsep kependudukan di Indonesia
Ceramah, Tanya jawab, diskusi.
100’



Tanya Jawab
Ketrampilan menjawab, dan ketajaman analisis

10 %
2-3
Mahasiswa mampu menyajikan, menganalisis, perkembangan KB
Perkembangan KB di Indonesia,

Penugasan, seminar kelompok, diskusi
200’



Presentasi

Kejelasan penyampaian, kebenaran identifikasi Perkembangan KB di Indonesia, kerjasama kelompok.

15 %
4-5

Program KB di Indonesia
Penugasan, seminar kelompok, diskusi
200’



Presentasi

Kejelasan penyampaian, kebenaran identifikasi, kerjasama kelompok.
15%
6-7

, Program KIE dalam pelayanan KB
Penugasan, seminar kelompok, diskusi
200’



Presentasi

Kejelasan penyampaian, kebenaran identifikasi, kerjasama kelompok.
15%
8
UTS







10%
9
Mahasiswa mampu menjelaskan mengaplikasikan materi praktek.
Pelayanan kontrasepsi dengan berbagai metode.
Ceramah, Tanya jawab
100’



Tanya jawab
Ketajaman analisis



10-12


Praktikum individu
100’


Praktek
ketrampilan praktikum, kebenaran dalam aplikasi
15 %
13-14
Mahasiswa mampu menjabarkan cara penanggulangan akseptor bermasalah.
Berbagai cara penanggulangan akseptor bermasalah.

Ceramah, Tanya jawab, diskusi.
400’



Tanya jawab
Ketajaman analisis, ketrampilan menjawab



15
Mahasiswa mampu menyajikan, pendokumentasian
pelayanan KB

Pendokumentasian pelayanan KB

Ceramah, Tanya jawab, diskusi.
100’



Tanya jawab

Ketajaman analisis, ketrampilan menjawab

10 %
16
UAS







10%

DAFTAR PUSTAKA

  1. Ida Bagus Gede Manuaba, 1999, Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita,Area EGC Jakarta
  2. Depkes RI, 1998,  Modul Safe Motherhood, Jakarta
  3. Suryadi C dkk, 2002,  Kesehatan Reproduksi, Buku I dan II, FKM UI
  4. DEPKES RI, 2002, Pelatihan Bimbingan dan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja
  5. Azrukl Azwar, Peran Gender
  6. Jasir Faizal, 2000, Pemberdayaan Wanita dalam Bidang Kesehatan, Yogyakarta
  7. Sarwono, 1997, Penyakit Kandungan, Jakarta
  8. Dirjen Kesmas, Binkesga, 2002, Program Kesehatan Reproduksi dan Pelayanan Integratif  di Tingkat Pelayanan Dasar, Depkes RI, Jakarta
  9. Dirjen Kesmas, Binkesga, 2000, Pengaruh Utama Jender dalam Bidang Kesehatan, Depkes RI, Jakarta
  10. BKKBN, 2001, Penanggulangan HIV (Aids) Melalui Peningkatan Ketahanan Keluarga, Jakarta
  11. BKKBN, 2001, Kesehatan Reproduksi Remaja, Jakarta
  12. BKKBN, 2001, Tanya Jawab Kesehatan Remaja, Jakarta
  13. BKKBN, 2001, Kumpulan Pedoman Pelaksanaan Program KPR dan Perlindungan Hak-hak Reproduksi,  Jakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar