RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Identitas Mata Kuliah:
Program Studi : DIII KEBIDANAN
Mata Kuliah : Pelayanan Keluarga Berencana
Kode Mata Kuliah : BD. 308
Semester : II
SKS : 3 SKS (T: 2 P: 1)
Dosen Pengampu : Dian Rohmatika, S.Tr. Keb
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan
kepada mahasiswa untuk memahami kesehatan reproduksi, dengan pokok bahasan
teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya
meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikologis, dan
sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya
serta indikator status kesehatan wanita, dan mampu melaksanakan pelayanan keluarga berencana.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Mahasiswa mampu untuk memberikan asuhan pelayanan KB pada
wanita (PUS) untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga kecil bahagia dan
sejahtera. Yang didasari dengan metode kontrasepsi sederhana tanpa alat dan
kontrasepsi dengan alat.
Minggu ke -
|
Kemampuan Akhir yang
diharapkan
|
Bahan Kajian (Materi Pelajaran)
|
Bentuk Pembelajaran
|
Waktu Belajar (menit)
|
Evaluasi
|
Kriteria Penilaian (Indikator)
|
Bobot
Nilai
|
||
TMu
|
TT
|
TMa
|
|||||||
1
|
Mahasiswa mampu memahami,
menjelaskan, dan menganalisis konsep kependudukan di Indonesia
|
Konsep kependudukan di Indonesia
|
Ceramah,
Tanya jawab, diskusi.
|
100’
|
|
|
Tanya
Jawab
|
Ketrampilan menjawab, dan
ketajaman analisis
|
10 %
|
2-3
|
Mahasiswa mampu menyajikan,
menganalisis, perkembangan KB
|
Perkembangan KB di Indonesia,
|
Penugasan, seminar kelompok,
diskusi
|
200’
|
|
|
Presentasi
|
Kejelasan penyampaian, kebenaran
identifikasi Perkembangan KB di Indonesia, kerjasama kelompok.
|
15 %
|
4-5
|
|
Program KB di Indonesia
|
Penugasan, seminar kelompok,
diskusi
|
200’
|
|
|
Presentasi
|
Kejelasan penyampaian, kebenaran
identifikasi, kerjasama kelompok.
|
15%
|
6-7
|
|
, Program KIE dalam pelayanan KB
|
Penugasan, seminar kelompok,
diskusi
|
200’
|
|
|
Presentasi
|
Kejelasan penyampaian, kebenaran
identifikasi, kerjasama kelompok.
|
15%
|
8
|
UTS
|
|
|
|
|
|
|
|
10%
|
9
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
mengaplikasikan materi praktek.
|
Pelayanan kontrasepsi dengan
berbagai metode.
|
Ceramah, Tanya jawab
|
100’
|
|
|
Tanya jawab
|
Ketajaman analisis
|
|
10-12
|
|
|
Praktikum individu
|
100’
|
|
|
Praktek
|
ketrampilan praktikum, kebenaran
dalam aplikasi
|
15 %
|
13-14
|
Mahasiswa mampu menjabarkan cara
penanggulangan akseptor bermasalah.
|
Berbagai cara penanggulangan
akseptor bermasalah.
|
Ceramah,
Tanya jawab, diskusi.
|
400’
|
|
|
Tanya
jawab
|
Ketajaman analisis, ketrampilan
menjawab
|
|
15
|
Mahasiswa mampu menyajikan, pendokumentasian
pelayanan KB
|
Pendokumentasian pelayanan KB
|
Ceramah,
Tanya jawab, diskusi.
|
100’
|
|
|
Tanya
jawab
|
Ketajaman analisis, ketrampilan
menjawab
|
10 %
|
16
|
UAS
|
|
|
|
|
|
|
|
10%
|
DAFTAR PUSTAKA
- Ida Bagus Gede Manuaba, 1999, Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita,Area EGC Jakarta
- Depkes RI, 1998, Modul Safe Motherhood, Jakarta
- Suryadi C dkk, 2002, Kesehatan Reproduksi, Buku I dan II, FKM UI
- DEPKES RI, 2002, Pelatihan Bimbingan dan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja
- Azrukl Azwar, Peran Gender
- Jasir Faizal, 2000, Pemberdayaan Wanita dalam Bidang Kesehatan, Yogyakarta
- Sarwono, 1997, Penyakit Kandungan, Jakarta
- Dirjen Kesmas, Binkesga, 2002, Program Kesehatan Reproduksi dan Pelayanan Integratif di Tingkat Pelayanan Dasar, Depkes RI, Jakarta
- Dirjen Kesmas, Binkesga, 2000, Pengaruh Utama Jender dalam Bidang Kesehatan, Depkes RI, Jakarta
- BKKBN, 2001, Penanggulangan HIV (Aids) Melalui Peningkatan Ketahanan Keluarga, Jakarta
- BKKBN, 2001, Kesehatan Reproduksi Remaja, Jakarta
- BKKBN, 2001, Tanya Jawab Kesehatan Remaja, Jakarta
- BKKBN, 2001, Kumpulan Pedoman Pelaksanaan Program KPR dan Perlindungan Hak-hak Reproduksi, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar